Cara Instalasi Debian - PSG STMIK Sinar Nusantara

Breaking

Sheniqua

Monday, May 21, 2018

Cara Instalasi Debian


Holla ?? Come back again with me !
Yang kali ini akan membagikan sebuah tutorial, yaitu Tentang bagaimana Instalasi Linux Debian ! 

Apa itu DebianDebian adalah sistem operasi (SO) bebas untuk komputer Anda. Sebuah sistem operasi adalah kumpulan program-program dasar dan utilitas yang membuat komputer Anda berjalan. Debian menggunakan kernel Linux. Debian Linux menyediakan lebih dari sebuah SO murni, Debian datang dengan perangkat lunak yang telah terkompilasi dipaketkan dalam format yang bagus untuk kemudahan instalasi di mesin anda.

 Baiklah, Langsung saja simak bagaimana instalasinya ~


~> Pertama-tama setting bios terlebih dahulu

~> Setelah setting bios akan muncul gambar seperti di bawah ini silakan pilih instal


~> Setelah di klik anda akan masuk ketahap pemilihan bahasa.Terdapat banyak bahasa untuk tahap kali ini saya memilih bahasa English-english


~> Setelah itu akan muncul daftar pendek dari lokasi yang akan anda pilih.pilih yang other bila lokasi anda tidak terdaftar


~> Kemudian muncul tampilam untuk memilih benua atau wilayah saat ini anda berada karena saya berada


~> Setelah itu akan muncul daftar negara yang berada di benua asia silahkan anda pilih sesuai dengan negara anda.Karena saya orang indonesia otomatis saya memilih negara indonesia


~> Setelah itu anda akan memilih preferensi anda dari lokal yang tersedia untuk bahasa yang anda pilih untuk ini saya pilih yang United States


~> Kemudian muncul konfigurasi keyboard pilih yang American English


~> Setelah itu anda akan di minta untuk memasukkan Hostname silahkan masukkan hostname sesuai nama anda seperti gambar di bawah ini


~> Setelah anda memasukkan hostname selanjutnya adalah memasukkan domain,domain sesuai dengan alamat internet


~> Setelah itu muncul perinta Root Password silahkan isi sesuai dengan keinginan anda


~> Ulangi password rootnya


~> Setelah seleai mengisi paswordnya kemudian anda akan diminta untuk membuat nama user baru silakn isi sesuai nama anda


~> Setelah membuat user baru,kemudian anda akan di minta untuk membuat akun user dari user yang telah anda buat


~> Setelah itu anda akan di minta uyntuk membuat password user silakan buat sesuai keinginan anda 


~> Masukkan password lagi untuk memvertifikasi password


~> Kemudian akan muncul settingan waktu pilih yang sesuai dengan kota anda


~> Disini saya memilih manual.

partisi%2Bpilihan%2Bmanual

~> Untuk Instalasi linux, minimal dibutuhkan 2 partisi yaitu partisi root (/) dan partisi swap.

~> Selanjutnya akan ditampilakan pilihan tentang konfigurasi partisi yang akan dilakukan. Pilihlah jenis hard disk yang akan dipartisi secara manual.
partisi

~> Setelah Anda menentukan harddisk yang akan dipartisi, selanjutnya muncul pertanyaan apakah kita akan membuat partisi baru harddisk yang sudah kita pilih? pilihlah yes, lalu enter.

   partisi 


~> Kemudian akan ditampilkan beberapa pilihan. Untuk membuat partisi baru pada ruang hard disk kososng yang tersedia, pilihlah pri/log 8.6 GB  FREE SPACE, lalu enter.

paertisi%2Bfix

~> Berikutnya akan ditampilkan pilihan dalam menentukan tindakan terhadap partisi kosong tadi, yaitu: Create a new partition = membuat partisi baru.Automatially partition the free space = membuat partisi secara otomatisShow Cylinder/Head/Sector information = untuk melihat informasi cylinder, head, sector pada harddisk.Jika Anda akan membuat partisi baru, maka pilihlah Creat a new partition.



buat%2Bpartisi


~> Pada tampilan ini.Anda bisa menentukan besar kapasitas partisi yang akan dibuat. Disini saya membuat partisi dengan kapasitas 8.6 GB. lalu klik continue.

ukuran%2Bpartisi

~> Berikutnya, akan ditampilkan plihan type partisi. Ada 2 type partisi yang diminta yaitu, partisi primary (merupakan partisi utama pada harddisk atau sebagai partisi yang menyimpan data-data dari system operasi), Logical (partisi sampingan yang biasanya untuk menyimpan data-data). Untuk itu, disini kita akan memilih type primary lalu enter.



type%2Bpartisi

~> Kemudian, Anda bisa menetukan properties dari partisi yang Anda buat. Pada bagian use as, pastikan sudah terpilih Ext4 journaling file system.  Pada bagian Mount point, Anda dapat menetukan jenis mount point-nya. Saya menyarankan untuk mount point-nya dibuat untuk root [/]. Setelah setting properties partisi, pilih Done setting up the partition, lalu enter


.done%2Bpartisi
~> Selanjutnya akan kemabli pada tampilan partisi yang sudah dibuat. Pilih Finish partitioning and write changes to disk agar partisi yang sudah kita setting segera diterapkan.
 finish%2Bpartisi

~> Berikutnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin kembali ke menu pemartisian untuk menambahkan partisi swap? Jika Anda ingin membuat partisi swap, pilihlah yes, dan jikaAnda tidak ingin  membuatnya pilih saja NO.

.swap


~> Pada Jendela berikut, Anda akan ditanya apakah ingin menerapkan settingan pertisi pada harddisk? Untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, Anda harus memilih yes.

tulis%2Bpartisi

~> Maka proses penerapan partisi pada harddisk dan instalasi system dasar akan berlangsung.Tunggu 
sampai selesai.
loading%2Binstal%2Bsystem%2Bbase

~> Selanjutnya, system meminta untuk men-scan DVD debian yang lain.Untuk tahap ini,
Anda tidak perlu men-scan DVD debian yang lain, untuk pilih saja NO. lalu enter.

scan%2Bdvd%2B%2528no%2529

~> Berikutnya, proses instalasi meminta apakah akan mengistal paket tambahan melalui jaringan internet? Pilih saja NO

 betwork%2Bmiror%2B%2528no%2529

~> Kemudian, saat proses instalasi akan meminta Anda untuk berpartisipasi dalm survey paket Debian. Saya sarankan Anda tidak perlu berpartisipasi dalam survey tersebut, maka pilih saja NO

.partsisi%2Bpackage%2B%2528no%2529

~> Selanjutnya, Anda untuk memilih software atau aplikasi yang turut serta untuk diinstal pada Debian Anda. Anda dapat memilih atau tidak memilih software yang akan diinstal dengan menekan tombol Space Bare pada keyboard. Pada kali ini saya hanya menginstal Standard system Utilities, agar proses instalasi lebih cepat. Nah, karena kita akan menggunakan debian berbasis text atau CLI, jangan pilih yang  Debian dekstop environment, karena ini akan menyebabkan tampilan yang kita gunakan bukan CLI melainkan GUI [Graphic User Interface]. Lalu tekan enter.

pilih%2Bsoftware

~> Proses Instalasi dan konfigurasi software akan berlangsung. Tunggu sampai prosesnya selesai.Pada tampila berikutnya, Anda akan diminta untuk mengistal GRUB boot loader. Boot loader biasanya digunakan untuk memilih sistem operasi yang ada pada harddisk, karena dalam harddisk tersebut terdapat lebih dari 1 sistem operasi. Disini kita akan menggunakannya, jadi pilih yes untuk melanjutkan.

instal%2Bgrub

~> Selanjutnya, proses akhir instalasi debian akan dilanjutkan. Tunggulah sampai prosesnya selesai.Setelah proses instalasi selesai, maka akan ditampilkan pesan konfirmasi bahwa proses instalasinya teelah complited. Pilihlah continue. Maka PC akan mereeboot untuk merefresh hasil instalasi yang sudah selesai. Keluarkan DVD atau Bootable nya, sehingga PC akan booting melalui harddisk. Setelah booting selesai, akan muncul tampilan seperti di bawah ini, pilih yang paling atas.

.gnu

~> Tunggu hingga munul jendela login untuk masuk ke sistem debian Anda. Masukkan Username yang telah Anda buat tadi, lau tekan enter. Kemudian masukkan password agar Anda bisa mengopersikan Debian nya.

Nah,  Mudah dan Cepat Kan ?:v Xd 
 Mungkin hanya itu langkah"nya.. Jika Ada kesulitan bisa hubungi Penulis.

No comments:

Post a Comment