Sejarah serta Pengertian sejarah Jaringan Komputer. - PSG STMIK Sinar Nusantara

Breaking

Sheniqua

Tuesday, March 13, 2018

Sejarah serta Pengertian sejarah Jaringan Komputer.


  • Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer Adalah Sekelompok komputer yang saling berhubungan antara satu sama lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media.,Sehingga dapat saling berbagi informasi, program - program., penggunaan bersama perangkat keras, sepert iprinter,harddisk, dan sebagainya dengan demekian. Penggunaan komputer yang sebelumnya hanya berdiri sendiri, kini telah berganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah pisah,kan tetapi saling berhubungan dalam melaksankan tugas.


  • Sejarah Jaringan Komputer 
Pada tahun 1940, kelompok riset Havard Universitas yang dipimpin Prof. H. Aiken melakukan penelitian dilaboratium Bell guna melakukan proyek pengembangan komputer model 1 pada 1950 - an. Jenis dan kemampuan komputer semakin meningkat hingga munculnya jenis Super Komputer.

Pada perkembangan selanjutnya, muncullah konsep "Time Sharing System (TSS)"  dengan prinsip jaringan yang memungkinkan sebuah host komputer melayani beberapa telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri" pada tahhun 70 - an. Jaringan Komputer dengan konsep distribusi (Distributed Processing) mulai berkembang, dan kemudian mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebuah sebutan  LAN (Local Area Network).

No comments:

Post a Comment